Aturan Bekerja Sama Dengan Keluarga Dalam Bisnis

December 19, 2013

Entrepreneurs, Tulisan Saya, Wirausaha

Banyak tantangan yang dihadapi bisnis keluarga dalam upayanya untuk melakukan transformasi. Beberapa di antaranya adalah konflik antara nilai-nilai keluarga dan bisnis, persaingan dan dukungan, serta kontinuitas dan transisi.

Salah satu yang cukup menonjol adalah perbedaan antara nilai-nilai keluarga dan nilai-nilai bisnis yang dapat menyebabkan konflik. Dalam keluarga, hubungan lebih didasarkan pada emosi, sedangkan dalam bisnis hubungan lebih rasional atau logis.

Memiliki ide kreatif untuk merintis bisnis bersama, memang boleh-boleh saja. Namun, yang perlu diperhatikan para pelaku usaha adalah dunia pertemanan sangat berbeda dengan dunia bisnis. Jika tidak diperhatikan dengan baik, bisa-bisa kekerabatan yang terjalin bisa rusak hanya karena perselisihan bisnis.

Ada beberapa aturan yang dibuat sebelum memulai bisnis bersama keluarga,contohnya Adil dan profesional,Buatlah aturan resmi (perjanjian hitam di atas putih),Pembagian tugas dan upah jelas serta adil,Bedakan masalah pribadi dengan bisnis yang sedang ditekuni ,dan Bangun komunikasi yang efektif dan hindarkan campur tangan orang lain.

Berbicara tentang bisnis keluarga, ada kebiasaan-kebiasaan yang sudah membudaya dan melekat, bukan saja dari sisi pendiri melainkan juga pada eksekutif yang bekerja sama dengan pendiri.

Kadangkala kebiasaan-kebiasaan tersebut harus diubah, tetapi karena sudah melekat, kebiasaan-kebiasaan itu jadi relatif susah untuk dirubah.

Isu utama ini terkait juga dengan resistensi untuk berubah. Apalagi di sisi yang lain, seringkali pendiri atau pemilik bisnis menjadi terlalu percaya diri dengan kemampuannya. Oh, saya sudah bisa membangun bisnis selama 30 tahun dan berkembang baik, kenapa saya harus berubah, kenapa saya harus bertindak profesional?

Jangan Kehilangan Harapan dan Pastikan Untuk Terus Berjalan Ke Depan Karena Berjalan Menjauh Dari Impian Anda Tidak Akan Pernah Menjadi Solusi,Tetap Semangat- Iskandar ST

, , , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

 

%d bloggers like this: