Jadikan Protes Pelanggan Sebagai Pembelajaran

February 12, 2014

Entrepreneurs, Tulisan Saya, Wirausaha

Kualitas pelayanan yang baik kepada pelanggan menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam kompetisi pasar.

Dalam menjalankan usaha, tidak ada stu pun produk ataupun jasa yang kita jual dapat bebas dari namanya Komplain atau keluhan. Komplain ataupun keluhan itu terjadi karena adanya ketidak-sesuaian antara harapan dengan kenyataan dan bisa bersifat subjektif.

Cara mengatasi keluhan tersebut adalah dengan mendengarkan keluhan itu dengan sebaik-baiknya. Dengan menyimak secara keseluruhan dan mencatat bagian-bagian terpenting akan membuat Kita lebih tahu permasalahan sesungguhnya.

Berikut ini beberapa cara mengetahui dan mengatasi Komplain atau masalah dengan sebaik-baiknya:

  • Jika ada pelanggan yang complaint, janganlah di complain balik hanya kerana produsen tidak mempunyai cukup kapasitas untuk melakukan itu.
  • Jika pelanggan Komplain, dengarkan dengan fokus dan khusus, jangan dipotong ataupun disela. Dengan demikian Kita bisa lebih memahami dimana letak keluhan pelanggan tersebut.
  • Setelah mengerti permasalahan yang dikeluhkan, berikan penjelasan yang sesuai dengan santun, tidak perlu berputar-putar pada soal yang sama sekali tidak terkait.
  • Jika penjelasan tersebut masih dibatah da tidak diterima oleh pelnggan, maka yang harus dibutuhkan adalah kesabaran untuk menjelaskan dengan cara dan contoh yang lain.
  • Jangan pernah berdebat dengan pelanggan mengenai keluhan tersebut, Karena hal itu hanya akan memperburuk suasana.

, , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

 

%d bloggers like this: