Manfaat Dari Program Pengembangan Kepemimpinan

November 1, 2013

Entrepreneurs, Tulisan Saya, Wirausaha

Sikap Kepemimpinan adalah hal yang sangat sulit diterapkan.Selain harus mengarahkan bawahan, juga harus melindungi serta menciptakan rasa nyaman kepada bawahan.

Dalam lingkungan bisnis ada keterkaitan antara pengaruh kepemimpinan dengan kinerja yang akan diperlihatkan khususnya oleh bawahannya serta kepemimpinan pun tidak terlepas dari yang namanya kekuasaan.

Kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi perilaku orang-orang lain agar mau bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Definisi itu mengandung pengertian pokok yang sangat penting tentang kepemimpinan, yaitu mempengaruhi perilaku orang lain.

Seperti Yang diucapkan seorang penulis buku terkenal, Kenneth Blanchard, bahwa kepemimpinan dimulai dari dalam hati dan keluar untuk melayani mereka yang dipimpinnya. Perubahan karakter adalah segala-galanya bagi seorang pemimpin sejati. Tanpa perubahan dari dalam, tanpa kedamaian diri, tanpa kerendahan hati, tanpa adanya integritas yang kokoh, daya tahan menghadapi kesulitan dan tantangan, dan visi serta misi yang jelas, seseorang tidak akan pernah menjadi pemimpin sejati.

Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar, melainkan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan dalam diri seseorang.

Kepemimpinan yang efektif dimulai dengan visi yang jelas. Visi ini merupakan sebuah daya atau kekuatan untuk melakukan perubahan, yang mendorong terjadinya proses ledakan kreatifitas yang dahsyat melalui integrasi maupun sinergi berbagai keahlian dari orang – orang yang ada dalam organisasi tersebut. Bahkan dikatakan bahwa nothing motivates change more powerfully than a clear vision. Visi yang jelas dapat secara dahsyat mendorong terjadinya perubahan dalam organisasi.

Dan Etika pemimpin adalah mengungkapkan simpati, rasa hormat, dan kepedulian kepada karyawan, kustomer, dan stakeholders yang ada di ruang lingkup kerja perusahaan. Etika pemimpin harus menjangkau batas-batas psikologi positif melalui rasa sayang, kepedulian, perhatian, rasa hormat, dan tanggung jawab.

Wirausahawan yang berhasil merupakan pemimpin yang berhasil memimpin para karyawannya dengan baik. Seorang pemimpin dikatakan berhasil jika percaya pada pertumbuhan yang berkesinambungan, efisiensi yang meningkat dan keberhasilan yang berkesinambungan dari usaha tersebut.

Dalam lingkungan bisnis ada keterkaitan antara pengaruh kepemimpinan dengan kinerja yang akan diperlihatkan khususnya oleh bawahannya serta kepemimpinan pun tidak terlepas dari yang namanya kekuasaan.

Namun tidak terlepas dari itu seorang pemimpin harus selalu menjaga kehormatan dan kewibawaannya dari sifat-sifat tidak terpuji, karena bila hal itu tidak terlaksana maka orang lain khususnya bawahan yang anda bawa akan melihat anda sebagai orang yang gagal dan anda akan kehilangan kewibawaan maka dari itu sifat-sifat teladan dan terpuji harus selalu ada dan tertanam dalam diri kita.

Dan yang mesti di ingat,Tidak ada bisnis yang dapat bertahan tanpa adanya pemimpin dan pemimpin menentukan fungsi bisnis tersebut.

Beda Antara Orang-Orang Sukses Dan Orang-Orang Lainnya Bukan Pada Kekuatan,Dan Juga Bukan Pada Kurangnya Pengetahuan ,Tetapi Pada Kurangnya Kemauan.- Vince Lombardi

, , , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

 

%d bloggers like this: