Mengapa Kita Tidak Belajar Dari Masa Lalu ?

June 5, 2013

Tulisan Saya

Tak banyak orang yang mengira bahwa apa yang dilakukannya dahulu di masa lalu sangatlah berpengaruh terhadap kehidupan di masa depan. Sebenarnya bukan hal sulit untuk bangkit dari kegagalan atau bahkan dari luka masa lalu. Hanya butuh kebesaran jiwa, kesabaran, introspeksi diri, dan doa, serta keikhlasan.

Sejarah senantiasa menyimpan contoh istimewa untuk di pelajari dan di cari makna maknanya .

Pikiran manusia memang sulit untuk dikendalikan, Dalam hidup, terkadang kita banyak mengunakan pembenaran untuk hal yang sebenarnya salah atau kurang baik, dalam hal ini adalah karena untuk pembelaan terhadap diri sendiri.

Budaya adalah cara semua masyarakat berperilaku,Ini adalah campuran antara pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain.

Sebuah budaya etis yang kuat dan positif melindungi nama baik sebuah golongan,menjauhkan dari perilaku nakal,dan memungkinkan untuk dapat belajar dari kelompok lain yang lebih luas tanpa membutuhkan intervensi eksternal.

Seperti kata seorang politikus wanita pertama di Cina ” Kita hidup di masa sekarang. Kita memimpikan masa depan, tetapi kita belajar kebenaran yang abadi dari masa lalu “.

Mungkin kita perlu memprioritaskan waktu untuk berpikir sejenak dan mencoba belajar dari pengalaman diri kita atau pengalaman orang lain,Demi memahami mengapa,bagaimana dan kontribusi apa yang akan kita dapatkan di masa mendatang.

Orang Yang Bisa Menaklukkan Orang Lain Itu Kuat,Orang Yang Bisa Menaklukkan Diri Sendiri Itu Hebat- Lao Tzu

, , ,

No comments yet.

Leave a Reply

 

%d bloggers like this: