Mengapa Kreativitas Penting Di Dalam Usaha ?

September 6, 2013

Entrepreneurs, Tulisan Saya, Wirausaha

Di masa yang lalu,Kreativitas sering dianggap hanya untuk beberapa industri saja.Sebagai contoh,industri film,agen pemasaran,arsitek dan semua yang berhubungan dengan seni.Jenis usaha lainnya seperti kantor hukum,kantor keuangan,pemasaran dan industri berat sering merasa kreativitas itu tidak relevan untuk keberhasilan mereka.

Penting Berpikir Kreatif dalam berwirausaha. Itu satu landasan yang paling kalian ketahui dalam membangun sebuah usaha meski usaha yang di bangun itu tidak begitu besar tapi kalian perlu memiliki sebuah kreatif dalam membangunnya,Dimana dunia usaha saat ini adalah dunia usaha yang penuh persaingan.

Pemikiran kreatif berhubungan secara langsung dengan penambahan nilai, penciptaan nilai, serta penemuan peluang bisnis. Pola pemikiran kreatif juga dibutuhkan untuk menggambarkan keadaan masa depan, di mana seorang wirausaha akan beroperasi, juga akan memberikan gambaran yang tidak dapat dihasilkan oleh eksplorasi terhadap trend masa kini.

Tentu saja,Kebalikan dari kreativitas adalah stagnasi(tidak berkembang) di mana ide-ide baru dan cara-cara kerja yang lebih efisien di kesampingkan.

Stagnasi adalah salah satu faktor yang dapat mengubah sebvuah usaha atau organisasi yang sebelumnya sukses menjadi terpuruk dan keterbelakang akibat di susul oleh pesaing yang berpikiran lebih maju dan kreatif.

Sebuah Alat Yang Baik

Sistem pemetaan pikiran adalah metode terbaik yang dikembangkan oleh ahli saraf terbukti dapat mengubah metode belajar untuk anak-anak menjadi lebih kreatif.

Namun,dengan meningkatnya kesadaran tentang pembelajaran yang berbasis pelatihan otak kepada pekerja dewasa,terbukti bahwa cara tersebut baik untuk merangsang kreativitas dan membangun rasa percaya diri serta dapat memotivasi pekerja lain.

Pemecahan Masalah

Contoh,Jika seseorang pekerja dirangsang dan diajari oleh pelatih yang kreatif,tentunya pekerja tersebut juga bisa menghasilkan ide-ide baru yang lebih besar dari ide kreatif pelatihnya sendiri dalam memecahkan masalah.ini bisa menjadi proses peningkatan pendapatan usaha serta menghemat biaya dan layak bersaing dengan para pesaing usaha lain.

Meningkatkan Produktifitas

Memberi pelajaran keterampilan kepada pekerja anda untuk mengembangkan kreativitas mereka dan memberi waktu serta sumber daya untuk menjelajahi hal-hal yang baru adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan produktifitas.Kreativitas dan inovasi yang dikelola dengan baik di dalam organisasi sangat diakui sebagai jalan untuk menuju kesuksesan.

Dalam membangun sebuah wirausaha jangan takut salah, karna sebuah wirausaha itu tanpa kesalahan tidak mungkin sukses, dan selalu mencoba untuk melihat masalah dari perspektif yang berbeda karna dengan begitu masalah yang muncul tidak mematahkan semangat kita untuk menjalankan usaha yang telah di bangun dan akan memunculkan pemikiran yang lebih kreatif lagi dalam berwirausaha.

Membuat Sesuatu Yang Mudah Menjadi Rumit Itu Sudah Biasa,Membuat Sesuatu Yang Rumit Menjadi Mudah Itulah Yang Luar Biasa,Itulah Yang Disebut Dengan Kreativitas !!- Charles Mingus

, , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

 

%d bloggers like this: