Mimpi Besar, Mulai dari Yang Kecil

December 16, 2016

Entrepreneurs, Tulisan Saya, Wirausaha

Ketika memulai sebuah bisnis, setiap pengusaha akan bermimpi usaha tersebut akan tumbuh menjadi sukses dan membawa keuntungan besar. Namun, hal tersebut tidak semudah kedengarannya. Realitanya  dalam memulai bisnis ada saat nya akan muncul rasa putus asa, ketika bisnis yang kita jalani berjalan lambat dan semua harapan akan hilang. Akan ada disaat-saat ketika Anda memiliki keraguan tentang mengapa Anda masuk kedalam dunia bisnis.

Anda harus melihat kewirausahaan atau membangun bisnis seperti seorang anak yang sedang belajar untuk berjalan. Anak awalnya akan jatuh dan tersandung, kemungkinan merumput lutut sebelum ia mendapat menguasainya. Secara bertahap, ia bisa berjalan dan bahkan lari.

Begitu juga dalam hal berbisnis; di hari pertama mungkin Anda tidak mendapatkan seorang kostumer, atau Anda dapat membuat kesalahan sepanjang jalan yang akan mengancam keberadaan bisnis Anda, atau Anda mungkin memiliki hari-hari ketika Anda harus mengejar pelanggan sebelum hal-hal mulai untuk mengambil dan bergerak dengan lancar.

Jadi, apa cara terbaik untuk memulai usaha ?

Mulai dari Kecil

Mulai sekecil mungkin. Dengan kata lain, menetapkan produk apa yang Anda ingin jual. Hal ini mengacu pada versi yang paling dasar dari produk atau layanan yang dapat Anda tawarkan. Ini memberi Anda kesempatan untuk memahami apa yang diinginkan pasar dan meningkatkan dari sana.

Bergerak Cepat dan Membongkar Ide

Ini berarti, “jangan takut untuk mencoba ide-ide baru dan menjadi mengganggu”. Mencoba ide-ide baru dan gagal cepat. Jika Anda gagal, belajar pelajaran yang tepat dan bergerak pada cepat. Bahkan, itu adalah salah satu keuntungan menjadi kecil – Anda dapat menerapkan ide-ide baru dengan cepat.

Arus Kas Aman Cepat

Bertentangan dengan kepercayaan, Keuntungan bukanlah kunci untuk mempertahankan bisnis. Ini adalah arus kas. Bagaimana Anda mendapatkan pendapatan yang konsisten. Jika Anda mampu mencapai arus kas yang konsisten, maka keuntungan tidak akan jauh.

Memperlakukan pelanggan seperti raja

Ini lebih dari sekedar klise. Hal ini sangat penting bahwa Anda menawarkan layanan pelanggan terbaik. Melakukan hal ini akan membuat mereka lebih dari sekedar pelanggan; itu akan membuat mereka duta Anda.

Sempurnakan perusahaan Anda dengan budaya dan keterampilan kepemimpinan

Budaya perusahaan Anda berarti bagaimana Anda dalam memperlakukan dalam perusahaan Anda, baik proses ataupun interaksi dengan karyawan atau pemasok. Jika Anda tidak dapat melalukannya dengan benar ketika perusahaan kecil, maka sulit bagi Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

Belajar dari setiap tahap aspek ini

Ketika Anda tidak mampu belajar dari setiap aspek diatas, maka kemungkinan hal yang terjadi adalah krisis manajemen akan menunggu Anda.

Untuk itu dalam membangun mimpi yang besar tersebut, mulailah dari yang terkecil. Sehingga bisnis yang dijalani akan tumbuh dan berjalan dengan baik.

, , , , , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

 

%d bloggers like this: