Resep Marketing

November 7, 2013

Entrepreneurs, Tulisan Saya, Wirausaha

Marketing, mungkin ketika Anda membaca ataupun mendengar kata ini langsung terbayang seorang salesman dan saleswoman yang menawarkan produk baik  barang maupun jasa dari berbagai macam perusahaan.

Sebenarnya Marketing adalah ujung tombak  suatu usaha yang akan menentukan apakah sebuah usaha akan meraih kesuksesan atau kemunduran.

Pemasaran atau yang biasa di sebut marketing bukan hanya sekedar menjual produk atau  jasa,Ujung dari kegiatan pemasaran adalah transaksi penjualan dan ini yang harus dipahami.

Kegiatan pemasaran pemasaran tidak hanya menawarkan produk ke calon pembeli,tetapi pemasaran  juga menetapkan jenis produk yang tepat sasaran konsumen,menetapkan harga,menetapkan sistem distribusi dan kiat promosi.

Dibawah ini ada beberapa ramuan dalam dunia pemasaran ( Marketing Mix ) :

1. Produk

Mencakup keragaman produk,mutu,desain,karakteristik,merk dagang , kemasan,ukuran,pelayanan dan jaminan.

2. Price ( Harga )

Mencakup harga agen,harga eceran,diskon,kemudahan sistem pembayaran dan fasilitas kredit. Harga merupakan Faktor penting suksesnya sebuah produk dijual di pasar.

Jika anda membidik pasar yang penghasilannya kurang dari Rp 2 Jt,tetapi menjual sepatu yang harganya lebih dari Rp 400 Ribu,Kemungkinan akan kesulitan menjualnya meskipun mereka sudah menyatakan sepatu produksi anda sangat bagus.

Sebaliknya jika berjualan di lingkungan yang berpenghasilan tinggi,sementara harga yang ditawarkan sangat murah ,bisa jadi konsumen tidak akan membeli karena konsumen mengira produk anda mudah rusak.

3. Place ( Lokasi Usaha )

Mencakup lokasi usaha,distribusi produk dan persediaan barang,Jika sudah memiliki produk yang baik sesuai dengan permintaan pasar dan banyak konsumen tertarik , tetapi jika konsumen kesulitan mencarinya,maka bisnis anda akan gagal.

A. Kiat Promosi

Ada banyak cara untuk melakukan promosi,inilah beberapa cara yang umum dilakukan oleh pelaku usaha :

  • Direct Selling ( penjualan langsung ) ,Penjualan langsung sangat efektif untuk produk-produk industri karena umumnya produk industri membutuhkan penjelasan mengenai manfaat produk,cara penggunaan,cara penyimpanan atau cara pemeliharaan dan hal terkait lainnya.
  • Sales Promotion ( promosi penjualan ) ,Promosi penjualan sangat tepat dilakukan ketika memulai usaha atau pada momen-momen penting,seperti tahun baru , imlek ,natal dan hari besar lainnya.
  • Public Relation ( Hubungan masyarakat / Humas ) , Bagi perusahaan skala besar , Publik Relation merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan karena citra perusahaan sangat penting bagi kemajuan perusahaan.
  • Publikasi ,Kegiatan publikasi harus sesuai dengan target utama konsumen, Jika wilayah penjualan hanya satu kabupaten,usahakan kegiatan usaha di publikasikan di media yang tepat sasaran.

B. Menetapkan Harga

Menetapkan harga yang paling sederhana adalah dengan mempertimbangkan beberapa hal , seperti melihat harga pesaing dan melihat harga produksi.

Pelajaran yang bisa kita petik adalah,kita perlu memahami harapan pelanggan mengenai harga yang pas.

Kalau sudah tahu siapa pelanggan makan kita akan lebih mudah melakukan taktik pemasaran, Kita lebih mudah membuat paket harga,Membuat variasi produk dan menjadikan bisnis kita terus berkembang.

Banyak yang mengatakan bahwa apabila Anda pernah menjalani sebagai Marketing , maka Anda akan memiliki lebih besar jiwa dan semangat juang dalam menghadapi kerasnya kehidupan didunia ini.

Sukses Tanpa Kehormatan Ibarat Masakan Tanpa Bumbu, Memuaskan Rasa Lapar Tetapi Rasanya Tidak Enak .- Joe Paterno

, , , , , , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

 

%d bloggers like this: