Tak Beri ‘Upeti’,Pengusaha Dapat Gangguan

Permintaan upeti tidak hanya terjadi pada perusahaan plat merah atau BUMN. Ternyata, pengusaha swasta di Indonesia juga menjadi sasaran permintaan uang pelicin atau upeti untuk melancarkan usaha.

Penulis dan juga seorang pengusaha muda,Sandiago Uno pernah membeberkan tentang seluk beluk upeti berdasarkan pengalaman beliau.

Sandiaga Uno, menjelaskan berdasarkan pengalamannya, jika pengusaha tidak memberi uang pelicin maka bisnis bisa terganggu.

“Perizinan, ini masalah sistemiknya kalau kita tidak memberikan fasilitasi, kita akan menghadapi gangguan dan tekanan yang dihadapi,” tutur Sandi di sebuah acara di jakarta.

Bahkan menurut Sandi, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) pernah melakukan penelitian terhadap kalangan usaha khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dari hasil penelitian menunjukkan, terjadi biaya-biaya tinggi dari permintaan ‘upeti’ yang mengambil porsi 20% dari biaya.

“UMKM ini kena, high cost ekonomi bisa mencapai 20% dari produksi UMKM, untuk fasilitasi ini, nyogok ini berikan upeti, kalau 20% dihilangkan daya saing kita naik,” tambahnya.

Ia pun menilai, perlu adanaya gerakan nasional untuk bersih-berish terhadap aksi permintaan ‘upeti’. Bos Recapital ini pun optimistis, ketika biaya lain-lain yang menyebabkan high cost ekonomi ini hilang, ekonomi Indonesia bisa tumbuh lebih baik.

“Kalau 20% dihilangkan daya saing kita naik, ekonomi tumbuh 6,17% di kwartal III bisa tumbuh di 7 sampai 8%,” pungkasnya.

Banyak cara untuk mengatasi pihak-pihak yang menginginkan upeti dari pengusaha,salah satunya dengan cara membuat aturan-aturan profesional di di dalam bisnis,melengkapi semua berkas-berkas perizinan yang sesuai prosedur dan banyak sekali yang lainnya.

Jangan biarkan celah orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan menjadikan anda sapi perah.Lengkapi semua perizinan usaha anda ,dengan begitu,celah untuk anda menjadi sapi perah akan semakin sedikit.

Yang Terbaik Dari Segalanya Adalah Belajar,Uang Bisa Hilang Atau Dicuri,Kesehatan dan Kekuatan Fisik Bisa Memudar,Namun Apa Yang Telah Ditanamkan Dalam Pikiran Anda Adalah Milik Anda Selamanya- Luis L'Amour

, , , , ,

No comments yet.

Leave a Reply

 

%d bloggers like this: