Wirausaha Itu Bukan Hanya Cerita Uang

October 26, 2013

Entrepreneurs, Tulisan Saya, Wirausaha

Banyak orang yang ingin membuka usaha baru dan memperhitungkan modal dari segi ekonomi atau biasa di sebut uang.dan mendapatkan keuntungan dengan yang namanya uang juga.

Bercerita tentang seorang tukang cukur keliling, Pak Mardi namanya, tidak ada yang tahu pasti berapa sebenarnya usia beliau. Jika ditanya soal usia beliau sendiri juga tidak bisa memberikan jawaban pasti.

Beliau menjalankan profesinya dengan berjalan kaki berkeliling dari kampung ke kampung. Sekarang, beliau pun masih tetap setia dengan profesinya. Setiap hari beliau masih berkeliling menawarkan jasanya. Mungkin karena itulah tubuhnya senantiasa sehat.

Berkaca dari kisah Pak Mrdi ini ada satu nilai luhur yang bisa kita pelajari dari perjalanan bisnis Pak Mardi diatas, yakni manfaat. Bisnis yang beliau jalankan tidak melulu hanya soal uang,beliau merasa sehat dengan usaha tersebut.

Sudut pandang orang jika berbicara tentang modal dan keuntungan awal dunia usaha pasti tertuju pada uang yang pertama.

Seorang Pendiri Microsoft , Bill Gates menempatkan ” Capital of Value Melebihi Capital Of Money ” atau bahasa gampangnya harga sebuah nilai lebih mahal dari uang.

Seorang Koki Atau Chef berusaha menyajikan menu masakan yang luar biasa bagi penikmat restoran dengan Slogan MKTG ( Menjadi Kaya Tanpa Gajian ), Maksud kaya disini kaya akan sebuah kebanggaan. Tetapi dengan harapan ,Nantinya namanya akan menjadi semakin berbintang.

Intinya bisnis anda akan membahagiakan diri anda walau dengan sedikit keuntungan tetapi anda selalu tersenyum.

Menjadi sukses adalah penting,tetapi menjadi bahagia jauh lebih sukses dan penting.

Bepikir jauh kedepan untuk mendapatkan keuntungan yang berkesinambungan ,dibandingkan berpikir jalan pintas untuk keuntungan besar sesaat.

Tentu saja ber wirausaha harus memperhitungkan untung rugi. Tetapi jauh lebih penting dari itu juga harus kita perhatikan asas manfaat dan kebaikan tersebut. Bukanlah suatu hal yang baik dan membanggakan bila kita dicela masyarakat karena produk bisnis yang kita jalankan.

Manusia Bebas Menentukan Pilihan , Tetapi Tidak Bebas Dengan Konsekuensinya !!- Pierro Da Silva

, , , , , , , , , , , , , , ,

One Response to “Wirausaha Itu Bukan Hanya Cerita Uang”

  1. Wikicek Says:

    saya sepakat, ada banyak yang diperjuangkan dan dikorbankan termasuk waktu, tenag dan pikiran

    Reply

Leave a Reply

 

%d bloggers like this: